IMPLEMENTASI TOTAL PRODUCTIVE MAINTENANCE FOR MANUFACTURE ( TPM )

Explore Training Details Below

Jadwal Training Selanjutnya

Date Topic Training" Investment  

Silabus

DURASI : 2 hari (09.00 – 16.00 WIB)

 

LATAR BELAKANG

Dalam dunia industri, perkembangan dunia usaha / lingkungan bisnis menghadapi persaingan global yang semakin tajam menuntut setiap industri untuk melakukan penekanan biaya produksi dan persyaratan kualitas mengarah sytem TPM. Mempertahankan investasi peralatan yang ada untuk dapat digunakan secara optimal, delivery yang cepat dapat terpenuhi mengarah ke Just In Time, Penerapan Perawatan Preventive, predictive, corrective peran serta operator dalam autonomous maintenance merupakan solusi untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

Bagi perusahaan industri yang menggunakan peralatan atau mesin dalam proses produksinya, maka performa suatu peralatan atau mesin harus senantiasa dijaga, karena hal tersebut sangat mempengaruhi kualitas dari produk yang dihasilkan, modal kerja yang harus dikeluarkan, yang pada gilirannya akan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Idealnya ketersediaan peralatan atau mesin (Availability) dapat beroperasi 100% dalam kondisi 100% full capacity dan menghasilakan kualitas produk 100% oke, namun demikian dalam kenyataanya kondisi ini sulit diwujudkan.

Untuk itu diperlukan perawatan, perbaikan dan penggantian suku cadang yang telah aus secara periodic, Hasil penelitian Seiichi Nakajima (1988) tentang implementasi Total Productive Maintenance diperusahaan industri menunjukan bahwa produktifitas meningkat lebih dari 60% dan keruskan mesin berkurang menjadi 1/100 atau 1/500 atau close to zero. Bukti penerapan Total Productive Maintenancetelah dirasakan manfaatnya oleh perusahaan yang menerapkannya membantu perusahaan mencapai performa kelas dunia dan mendapatkan kontribusi profit perusahaan meningkat.

Total Productive Maintenance adalah hasil perpaduan antara preventive maintenance dengan total quality employee involvement. TPM bukan sekedar teori tetapi dikembangkan dari best practices dan menjadi proven method yang telah diterapkan diberbagai penjuru dunia. TPM merupakan suatu system perawatan mesin yang melibatkan seluruh bagian dan anggota organisasi termasuk operator produksi, sasaran penerapan TPM adalah tercapainya Zero Breakdown, Zero defect dan zero accident dengan demikian memaksimalkan efektifitas penggunaan mesin, tercapainya Overall equipment effetiveness (OEE)..

 

SASARAN PROGRAM

Tujuan Akhir dari Implementasi Total Productive Maintenance bukan untuk sekedar menambah pengetahuan dan ketrampilan tetapi untuk diterapkan hingga mendapatkan kontribusi manfaat yang nyata bagi perbaikan usaha seperti kualitas yang meningkat, peningkatan produktifitas, kapasitas yang meningkat lingkungan kerja yang lebih bersih dan aman sehingga laba perusahaan meningkat.
Pada akhirnya penerapan TPM saat ini menjadi suatu kebutuhan penting dalam dunia industri, banyak perusahaan kelas dunia seperti Nippon Denso dari group Toyota mempelopori Total Productive Maintenance di dunia Industri telah mendapatkan manfaat dari penerapan TPM.

Dan kami berharap Perusahaan Anda dapat segera menyusul bahkan tidak menutup kemungkinan untuk melampaui perusahaan – perusahaan pendahulu yang telah menerapkan Total Productive Maintenance Amin.

 

Materi Training

  1. Total Productive Maintenance (TPM)
  2. Berbagai Jenis Perawatan Mesin
  3. Overall Equipment Effectiveness (OEE)
  4. Identifikasi Enam Kerugian Besar (Six Big Losses)
  5. Mengukur Overall Equipment Effectiveness (OEE)
  6. Strategi Mendeteksi Penyimpangan
  7. Penerapan Perawatan Mandiri (Autonomous Maintenance)
  8. Penerapan Perawatan Terencana (Planned Maintenance)
  9. Analisis MTBF dan Analisis MTTR
  10. Penerapan Kaizen Maintenance
  11. Penerapan Maintenance Safety Program
  12. Penerapan Maintenance Skills Training
  13. Penerapan Quality Maintenance
  14. 4 Langkah Menuju Zero Breakdown
  15. Study Case Implementation TPM di Beberapa Perusahaan Manufacture Besar Di Indonesia 
  16. Examination

 

Metode Pelatihan

Kegiatan pelatihan dirancang agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang disampaikan, sehingga dapat dimplementasikan secara aplikatif dalam dunia kerja. Adapun metode yang digunakan adalah:

  • Presentasi
  • Diskusi
  • Study Kasus
  • Pre and Post Test
  • Examination
  • Evaluasi Training
  • Individual Report

 

Practical Content & Methods

Kami menemukan perpaduan yang tepat antara konten yang berbobot dan praktis dengan metode penyampaian interaktif, fun, serta penuh dengan latihan. Kami akan mendorong Anda dan tim untuk tahu mengenai hal-hal paling penting di bidang tertentu, dan sekaligus bisa mengeksekusi di pekerjaan mereka.

 

NB :

1.  Sertifikat Pelatihan Berlaku untuk 3 tahun

2.  Spectra Memfasilitasi Jasa Konsultasi Setelah Pelatihan

Trainer : Spectracentre Trainer Team

Tanggal Training

Kamis - Jum'at , 13 Oktober 2022 - 14 Oktober 2022

Investasi

Rp.3,750,000

Certification

Form Pendaftaran

  • Pengisian Formulir Pendaftaran Pelatihan Spectra Trainer belum bersifat mengikat, penawaran dan penjelasan resmi dan lebih lengkap akan diberikan langsung oleh Marketing Spectra Training yang bersangkutan dengan topik / kebutuhan Pelatihan yang Anda minta, sesaat setelah data Anda sampai di email pendaftaran kami. Anda berhak untuk membatalkan untuk mengikuti training, jika penawaran resmi dari Marketing Spectra Training yang bersangkutan berbeda dengan kebutuhan Anda.
  • Mohon melengkapi data Anda sedetail mungkin di Setiap Pengisian Formulir Our Services Spectra Training , , kesalahan/kekurangan data yang diisikan, akan menyebabkan Marketing Kami akan kesulitan menghubungi Anda.
  • Untuk jadwal tanggal pelaksanaan Public Training bisa berubah dikarenakan disesuaikan dengan jadwal trainer dan kondisi jumlah peserta
  • Untuk 1 Peserta Public Training Kami , Akan Tetap Berjalan Dan Pelaksanaan Di Hotel Berbintang