Investigative Interview (Micro Expression) berbasis NLP

Explore Training Details Below

Jadwal Training Selanjutnya

Date Topic Training" Investment  
16 Dec - 17 Dec Investigative Interview (Micro Expression) berbasis NLP (Jakarta), TRAINING ONLINE EXCLUSIVE Rp.3,950,000 Register

Silabus

Durasi : 09.00 - 16.00 WIB

 

Pengantar Pelatihan

Adanya kebutuhan perusahaan untuk meme-nuhi kompetensi teknis bagi bidang pekerjaan seorang Pewawancara/ Assessor dan Internal Audit yang memiliki tugas utama dapat me-lakukan wawancara calon karyawan dan juga melakukan Investigative Interview jika terjadi dugaan fraud yang dilakukan pegawai dalam perusahaan. Kompetensi ini disebut dengan Interview dan Investigasi atau Introgasi. Artinya mampu melaku kan interview secara men-dalam. Disamping itu, ketrampilan lainnya yang harus dimiliki;

  • Pola pikir pelaku fraud
  • Pelaku fraud membuat rencana desepsi & menyiapkan skenario alibi
  • Mengetahui indikator kebohongan
  • Menembus pikiran bawah sadar, membang-un rasa aman & mempengaruhi interviewer agar mau bekerjasama dengan baik.

Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, maka metode yang tepat diantaranya menggunakan Neuro-Linguistic Programming (NLP). Kami menawarkan satu paket pelatihan comprehensive yang disebut Powerful Investigative Interview berbasis NLP (Neuro-Linguistic Programming).

Dikombinasikan dengan pengetahuan dan teknik penanganan fraud. Sehingga mereka memiliki kemampuan investigative interview yang luar biasa untuk mengungkap kasus–kasus fraud tanpa harus melalui proses benturan yang keras dengan interviewer. Se-kaligus tercapainya peningkatan kemampuan melakukan monitoring, evaluasi serta mem-berikan rekomendasi tindak-lanjut dari hasil yang ditemukan saat investigative interview.

 

Tujuan NLP: Investigative Interview berbasis Neuro Linguistic Programming

  • Mampu mendesain sebuah interview ber-basis investigasi secara
  • Mendeteksi kebohongan& membaca makna yang tersirat dari kata-kata, pola bahasa, mimik wajah, dan bahasa tubuh (micro expression & gesture)
  • Peserta mampu merekonstruksi scenario berdasarkan pola desepsi/ kebohongan yang terindikasi terjadi.
  • Menggunakan conversational hypnotic, yakni bahasa yang mampu menembus ke level bawah sadar lawan bicara mampu menggunakan bahasa untuk mengklarifikasi kekaburan dan merekonstruksi realitas selama proses interogasi
  • Memahami anatomi terjadinya fraud, serta memahami fraud merupakan bahaya latent yang mengancam perusahaan tanpa ter-kecuali.

 

Metode Pelatihan

Training didesain dengan pendekatan orang dewasa, mengedepankan porsi praktek lebih banyak daripada teori. Praktek akan dilakukan di dalam berupa Pre test, Post Test, Examination, dan Evaluasi Training

 

Materi Pelatihan 

Introduction to Neo Psychology

  • Pendahuluan dan pengenalan program, fungsi & aplikasinya, termasuk mapping kebutuhan dan nilai dasar para peserta.
  • Membangun rapport dan understanding map, Peserta dipersiapkan secara mental dan ekspektasinya.

Mind Concept

  • Consciousness
  • Value & Belief
  • Anchoring

Peserta mampu mengetahui apa yang bisa dilakukan oleh pikirannya, dan peserta diperkenalkan pada kekuatan luar biasa dalam pikirannya, serta berbagai hal lain yang mampu mempengaruhi kebiasaan, nilaidasar, citradiri, dan pola pikirnya. Peserta menyadari bahwa mereka telah memiliki potensi dalam dirinya, sesi ini hanya menyadarkan dan melatih potensi tersebut. Perubahan tersebut merupakan sebuah hal yang bersifat pasti, terus terjadi dalam kehidupan ini.

Setting Goals

  • Guided Mechanism
  • Well-Formed Outcome

Setelah peserta menyadari berbagai faktor yang ada di dalam pikirannya, berikutnya mereka mulai diperkenalkan dengan berbagai alat (tools) untuk memanfaatkan kekuatan pikirannya dalam berkomunikasi. Peserta mengetahui POLA PIKIR orang dihadapannya  dan mampu membaca tujuan (outcome) yang tepat dari subject, sehingga mampu membangkitkan rasa aman dari interviewer

Assessment

  • Representational System
  • 4 Communication Profile
  • Basic Meta-Program
  • Submodalities

Peserta akan diperkenalkan sensor komunikasi setiap subject yang berbeda 2 latar belakang dan karakternya ada 16 karakter utama dari manusia akan dikenalkan satu-satu dan disimulasikan. Misalnya seseorang memiliki meta profile UNSTRUCTURE ( tidak runut) berbeda cara berkomunikasi dengan orang yang STRUCTURE. Atau mereka yang GLOBAL berbanding dengan yang DETAIL.

Building Rapport

  • Match & Mirror
  • Pacing & Leading
  • Conversational Hypnosis

Peserta akan dikenalkan dengan indicator kebohongan atau kebenarnan (THE TRUTH) membaca wajah, raut muka, mimik, ekspresi, gerak wajah, gerak tubuh, dan pesan tersembunyi dari pemilihan kalimat atau sentence, dengan pola bahasa tersembunyi. Hidden language pattern atau bahasa pikiran bawah sadar.

Question Method

Milton Meta Model Chunking

Peserta akan tahu bagaimana mencacah pertanyaan atau bagaimana menggiring kesimpulan yang subjek secara tidak terasa mengungkapnya sendiri. The power of question ini adalah kunci akhir dari pelajaran ini karena tidak ada pertanyaan yang tidak ada jawabannya kalaukita BERTANYA DENGAN BENAR. Dan dari bertanya bisa dimasukan ide kepada subjek atau lebih dikenal dengan inception teknik.

Verbal and Non Verbal Pattern

Peserta diajarkan mengenai pola perilaku (behavior) Dan pola komunikasi (verbal dan non verbal) lawan bicara untuk memperoleh acuan yang digunakan sebagai pembanding dalam proses kalrifikasi informasi

Microexpression

Peserta diajarkan memiliki sensitivitas yang lebih baik terhadap perubahan pola gerak tubuh dan mimic wajah sebagai bahan dari klarifikasi kebenaran informasi yang disajikan secara verbal maupun non verbal.

 

NB :

1.  Sertifikat Pelatihan Berlaku untuk 3 tahun

2.  Spectra Memfasilitasi Jasa Konsultasi Setelah Pelatihan 

Trainer : Spectracentre Trainer Team

Tanggal Training

Kamis - Jum'at , 15 Oktober 2020 - 16 Oktober 2020

Investasi

Rp.3,950,000

Certification

Form Pendaftaran