COBIT 5 Awareness

Explore Training Details Below

Jadwal Training Selanjutnya

Date Topic Training" Investment  

Silabus

Durasi : 09.00 – 16.30 WIB

 

Deskripsi Training Cobit 5 Awareness

Sejak kemunculannya, Teknologi Informasi (Information Technology/ IT) merupakan alat bantu utama bagi industri finansial untuk meningkatkan kinerja operasional. Penerapan (Information Technology/ IT)  yang baik dapat membantu perbankan dalam menghadapi kondisi ini. Lebih lanjutnya, IT saat ini menjadi enabler berbagai layanan berbasis (Information Technology/ IT), seperti Layanan ATM, EDC, atau e-Channel.

Investasi (Information Technology/ IT) dunia berkembang dengan pesatnya tetapi realisasi (Information Technology/ IT) value masih dipertanyakan melalui berbagai fenomena IT Paradox. Hasil survey Standish Group menyatakan hanya 35% proyek (Information Technology/ IT) yang dinilai sukses menghantarkan value, sisanya gagal parsial atau bahkan total. Berbagai riset terkini menunjukkan kontribusi praktik IT Governance dalam meningkatkan delivery value TI bahkan mampu menunjukkan korelasi positif terhadap growth revenue perusahaan.

IT yang baik perlu dikelola dengan baik pula. Jika tidak dikelola dengan baik, maka IT dapat menjadi bumerang, karena operasional bisnis perbankan dapat terganggu jika IT mengalami kegagalan. Untuk itu, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) berencana meningkatkan persyaratan assurance IT bagi perbankan, yang mencakup:

  • Tata kelola IT (IT Governance) yang baik
  • Peningkatan perencanaan dan investasi IT dengan Rencana Strategis IT / IT Masterplan dan keselarasannya dengan pengembangan dan operasional system dan arsitektur  teknis TI.
  • IT Risk Management & Business Continuity Plan / Disaster Recovery Plan
  • IT Audit dan continuous improvement.

ISACA (IS Audit Control and Association) pada tahun 2012 telah merilis satu framework integratif dari berbagai well‐known referensi best practices sebelumnya menjadi 1 produk COBIT5. Melalui kerangka ini dikenalkan 37 proses, 5 prinsip, 7 enabler serta 7 step implementasi IT Governance dan Management disertai dengan metode capability assessment baru yang mengacu ke ISO15504 series.

COBIT 5 for Assurance merupakan referensi terbaru dari ISACA yang dirilis tahun 2013 ini yang selaras dengan referensi lainnya seperti ITAF (ISACA), IPPF (IIA), SSAE (AICPA), merupakan guidance untuk melakukan assurance terhadap enabler governance dan management of enterprise IT.

Inti dari assurance adalah kepastian dan jaminan dari sesuatu hal yang bisa meragukan atau merugikan terutama manfaat dan risiko dari TI dalam pencapaian tujuan perusahaan.

Oleh karena itulah perlu pemahaman yang komprehensif terhadap implementasi COBIT 5 sebagai tools untuk tata kelola dan assurance TI di industri perbankan.

 

Metode Training Cobit 5 Awareness

Pelatihan ini menggunakan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep, framework/ proses dan implementasi COBIT 5, diberikan contoh kasus dan  aplikasi untuk melakukan proses dan implementasi COBIT 5, berlatih melakukan proses dan implementasi COBIT 5 pada contoh kasus.

 

Tujuan Training Cobit 5 Awareness

  • Mampu melakukan strategic alignment dan menentukan metric pencapaian goals.
  • Memahami prinsip dan seven enabler tata kelola dan manajemen TI.
  • Memahami taxonomy proses COBIT 5 dan bagaimana melakukan prioritisasi proses.
  • Mampu melakukan assessment capability proses COBIT 5.
  • Memahami step‐by‐step implementasi tata kelola dan manajemen TI dengan menggunakan COBIT 5

 

Materi Training Cobit 5 Awareness

  1. Sesi 1 : Overview Framework COBIT 5
  2. Sesi 2 : Overview Framework COBIT 5 (lanjutan)
  3. Sesi 3 : Seven Enabler COBIT 5
  4. Sesi 5 : Process Reference Model COBIT 5
  5. Sesi 6 : Process Capability Assessment COBIT 5
  6. Sesi 7 : Step‐by‐Step COBIT5 Implementation
  7. Studi kasus COBIT 5 di perusahaan
  8. Pembahasan COBIT 5 di perusahaan
  9. Case Study + Examination

 

Peserta Training

Manajer dan staf IT dan manajer atau staf bagian lain yang akan dilibatkan dalam kegiatan audit IT dari aspek bisnis dan operasional di institusi keuangan. Chief Information Officer, Chief Audit Executive, IT Auditor/ Assessor, IT Manager, IT QA, IT Professional

 

Metode Training

  • Presentasi
  • Diskusi & Sharing pengalaman
  • Studi kasus
  • Pre Test & Post Test
  • Examination & Evaluasi Training

 

NB :

1.  Sertifikat Pelatihan Berlaku untuk 3 tahun

2.  Spectra Memfasilitasi Jasa Konsultasi Setelah Pelatihan

Trainer : Spectracentre Trainer Team

Tanggal Training

Selasa - Rabu , 29 September 2020 - 30 September 2020

Investasi

Rp.4,500,000

Certification

Form Pendaftaran

  • Pengisian Formulir Pendaftaran Pelatihan Spectra Trainer belum bersifat mengikat, penawaran dan penjelasan resmi dan lebih lengkap akan diberikan langsung oleh Marketing Spectra Training yang bersangkutan dengan topik / kebutuhan Pelatihan yang Anda minta, sesaat setelah data Anda sampai di email pendaftaran kami. Anda berhak untuk membatalkan untuk mengikuti training, jika penawaran resmi dari Marketing Spectra Training yang bersangkutan berbeda dengan kebutuhan Anda.
  • Mohon melengkapi data Anda sedetail mungkin di Setiap Pengisian Formulir Our Services Spectra Training , , kesalahan/kekurangan data yang diisikan, akan menyebabkan Marketing Kami akan kesulitan menghubungi Anda.
  • Untuk jadwal tanggal pelaksanaan Public Training bisa berubah dikarenakan disesuaikan dengan jadwal trainer dan kondisi jumlah peserta
  • Untuk 1 Peserta Public Training Kami , Akan Tetap Berjalan Dan Pelaksanaan Di Hotel Berbintang