ANALISIS JABATAN (Melalui Job Evaluation & Job Grading)

Explore Training Details Below

Jadwal Training Selanjutnya

Date Topic Training" Investment  

Silabus

Durasi : 2 Hari (08.30 - 16.30 WIB)

 

Description 

Pekerja atau karyawan yang memiliki produktivitas dan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan merupakan dambaan setiap perusahaan. Produktivitas dan loyalitas yang tinggi sangat dipengaruhi oleh jabatan seorang karyawan. Salah satu titik kritis dan strategis adalah analisis jabatan. Merumuskan jabatan secara akurat adalah salah satu unsur penting dalam pengembangan organisasi di suatu perusahaan.  Makna jabatan bagi suatu perusahaan perlu ditentukan untuk melihat keterkaitannya dengan lingkup kerja, bobot kerja, kompetensi yang dibutuhkan untuk dapat berkinerja secara optimal di dalam suatu jabatan.

Filosofi yang ada di belakang penilaian jabatan di suatu perusahaan akan sangat menentukan format jabatan seperti apa yang akan digunakan.  Penilaian jabatan menjadi faktor yang dapat membantu organisasi dalam menentukan sistem ke-HRD an terutama sistem pengupahan yang akan diterapkan. Sistem penilaian bobot kerja dapat memberikan justifikasi yang adil pada saat memberikan penghargaan berupa gaji dan fasilitas bagi karyawan. Pelatihan ini akan dimulai dengan pembahasan konsep mengenai jabatan dan kaitannya dengan desain organisasi, sebelum masuk pada salah satu fungsi Analisis Jabatan, yaitu untuk pemberian bobot dan pengembangan sistem grading dan kompensasi.

Karena demikian strategisnya analisis jabatan, maka diperlukan suatu kegiatan pembelajaran yang memberikan pemahaman kepada para praktisi HR atau OD yang akan membantu mereka dalam menganalisis jabatan secara komprehensif, tahap demi tahap, mulai dari persiapan sampai penyusunan job grading & salary structure sehingga layak untuk konsumsi user department.

 

Tujuan

Pelatihan ini akan membahas mengenai Analisis Jabatan yang diselenggarakan selama 2 hari. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan peserta pelatihan mampu menjadi HRD atau OD yang baik, sehingga bisa melakukan analisis jabatan di perusahaan dengan baik. Dengan adanya analisis jabatan maka pemberian bobot dan pengembangan sistem grading dan kompensasi akan sesuaidengan azas internal equity.

 

Materi Pelatihan

  1. Konsep Jabatan
  2. Prinsip dan Metode Analisis Jabatan
  3. Menghubungkan Analisis Jabatan dengan Manajemen Kompetensi
  4. Format Job Description yang Optimal
  5. Flow Prosess, Tujuan dan Metode Evaluasi Jabatan
  6. Faktor-faktor Evaluasi Jabatan
  7. Metode Wawancara dalam Proses Evaluasi Jabatan
  8. Implementasi Job Evaluation dalam organisasi
  9. Tahapan Pembuatan Struktur Jabatan (Job Grading dan Salary Structure)
  10. Perbandingan Berbagai Metode Evaluasi Jabatan yang Banyak Digunakan di Industri
  11. Overview Metode Evaluasi Jabatan yang Bisa Langsung Digunakan Partisipan
  12. Praktek dan Simulasi Penyusunan Job Description, Job Specification, Simulasi Wawancara Evaluasi Jabatan, Praktek Evaluasi Jabatan, Praktek Penyusunan Job Grading & Salary Structure
  13. Examination

 

Manfaat

  1. Mempunyai pengetahuan dan kemampuan untuk memahami dan menerapkan konsep Analisis Jabatan
  2. Mampu melakukan Analisis Jabatan
  3. Mampu mengembangkan sistem Analisis Jabatanyang baik di perusahaan
  4. Dapat menilai bobot kerja dari jabatan yang ada dalam organisasi
  5. Dapat menjadi dasar dalam pembuatan sistem penggolongan dan jabatan
  6. Dapat menjadi dasar dalam penilaian sistem remunerasi

 

Metodologi

  1. Presentasi
  2. Diskusi Konsultatif
  3. Sharing Pengalaman
  4. Praktek dan Simulasi Penyusunan Job Description, Job Specification, Simulasi Wawancara Evaluasi Jabatan, Praktek Evaluasi Jabatan, Praktek Penyusunan Job Grading & Salary Structure

 

NB :

1.  Sertifikat Pelatihan Berlaku untuk 3 tahun

2.  Spectra Memfasilitasi Jasa Konsultasi Setelah Pelatihan 

Trainer : Spectracentre Trainer Team

Tanggal Training

Rabu - Kamis , 09 September 2020 - 10 September 2020

Investasi

Rp.3,750,000

Certification

Form Pendaftaran

  • Pengisian Formulir Pendaftaran Pelatihan Spectra Trainer belum bersifat mengikat, penawaran dan penjelasan resmi dan lebih lengkap akan diberikan langsung oleh Marketing Spectra Training yang bersangkutan dengan topik / kebutuhan Pelatihan yang Anda minta, sesaat setelah data Anda sampai di email pendaftaran kami. Anda berhak untuk membatalkan untuk mengikuti training, jika penawaran resmi dari Marketing Spectra Training yang bersangkutan berbeda dengan kebutuhan Anda.
  • Mohon melengkapi data Anda sedetail mungkin di Setiap Pengisian Formulir Our Services Spectra Training , , kesalahan/kekurangan data yang diisikan, akan menyebabkan Marketing Kami akan kesulitan menghubungi Anda.
  • Untuk jadwal tanggal pelaksanaan Public Training bisa berubah dikarenakan disesuaikan dengan jadwal trainer dan kondisi jumlah peserta
  • Untuk 1 Peserta Public Training Kami , Akan Tetap Berjalan Dan Pelaksanaan Di Hotel Berbintang